
Sistem Informasi Adalah? Pengertian, Komponen, dan Pentingnya dalam Organisasi ~ Jogja.ac.id (Istilah). Di era kemajuan ini pasti semua orang tidak asing dengan istilah Sistem Informasi. Pemahaman tentang sistem informasi menjadi semakin penting di era digital saat ini karena peran pentingnya dalam membantu pengambilan keputusan dan operasional bisnis.
Contents
- 1 Apa Itu Pengertian Sistem Informasi?
- 2 Komponen Utama Sistem Informasi
- 3 1. Perangkat Keras (Hardware)
- 4 2. Perangkat Lunak (Software)
- 5 3. Data
- 6 4. Proses
- 7 5. Manusia (Brainware)
- 8 Pentingnya Sistem Informasi dalam Organisasi
- 9 a. Meningkatkan Efisiensi Operasional
- 10 b. Mendukung Pengambilan Keputusan
- 11 c. Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan
- 12 d. Analisis Data yang Lebih Baik
- 13 e. Meningkatkan Daya Saing Perusahaan atau Organisasi
Sistem informasi adalah sekumpulan sumber daya informasi yang disusun dengan cara yang memungkinkan untuk pengumpulan, pemrosesan, penggunaan, pembagian, penyebaran atau disposisi informasi.
Info Universitas di Jogja:
- Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA)
- Universitas Alma Ata Yogyakarta
- Universitas Amikom Yogyakarta
Nah apa sih sebenarnya sistem informasi itu? Dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai sistem informasi, mulai dari pengertian, komponen yang terlibat, dan manfaat sistem informasi dalam berbagai sektor. Mari kita eksplorasi lebih jauh.
Baca juga: Apa Itu ACC? Pengertian dan Definisi Lengkapnya
Apa Itu Pengertian Sistem Informasi?
Secara umum, sistem informasi adalah gabungan antara perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), data, proses, dan manusia yang bekerja sama untuk mengelola informasi di dalam suatu perusahaan. Gordon B. Davis menyatakan bahwa sistem informasi menerima data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan intruksi tersebut yang akhirnya menghasilkan output atau luaran yang dapat membantu pengambilan keputusan.
Dengan kata lain, sistem informasi membantu dalam pengambilan keputusan strategis selain mengolah data. Dalam konteks bisnis modern ini, sistem informasi sangat penting karena membantu perusahaan atau organisasi tetap kompetitif dengan mengintegrasikan data dan teknologi dengan efisien.
Baca juga: Apa itu Yudisium, Lalu Apa Bedanya dengan Wisuda?
Komponen Utama Sistem Informasi
Sistem informasi terdiri dari 5 komponen utama, yaitu: perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), data, proses, dan orang/manusia. Masing-masing komponen memainkan peran penting dalam menjaga sistem berjalan dengan baik.
1. Perangkat Keras (Hardware)
Hardware atau perangkat keras adalah bagian fisik yang mendukung proses sistem. Contoh hardware itu termasuk komputer, server, perangkat penyimpanan, perangkat jaringan, dan komponen lainnya. Hardware membantu menjalankan dan menyimpan perangkat lunak.
Baca juga: Apa Itu SKS dalam Perkuliahan: Pengertian dan Cara Menghitungnya
2. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak disebut juga software adalah program atau aplikasi yang digunakan untuk mengolah dan menghasilkan sebuah informasi. Contoh software termasuk sistem operasi, perangkat lunak untuk manajemen basis data, aplikasi bisnis, dan aplikasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis.
3. Data
Data adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan informasi mentah atau data asli yang dikumpulkan dan diproses oleh sistem informasi. Sistem informasi dapat menghasilkan data yang akurat dengan menggunakan data yang terorganisir dan terstruktur dengan baik. Data dapat berupa angka, gambar, video, suara, dan sebagainya.
Baca juga: Apa itu Seminar Proposal (Sempro): Pengertian, Definisi, dan Tips
4. Proses
Istilah “Proses” mencakup proses mengubah bahan mentah menjadi produk akhir dan penggunaan bahan untuk menghasilkan produk akhir melalui operasi yang telah ditetapkan. Sistem informasi yang semakin terintegrasi dengan proses organisasi maka akan meningkatkan produktivitas dan kontrol proses.
5. Manusia (Brainware)
Manusia atau brainware adalah komponen paling penting dari sistem informasi. Brainware sendiri bertanggung jawab untuk mengoperasikan, mengelola, dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang dihasilkan oleh sistem. Tanpa manusia, sistem informasi tidak dapat berfungsi dengan baik.
Baca juga: Uang Kuliah Tunggal (UKT) Adalah? Pengertian, Golongan & Tahapan Pembayaran
Pentingnya Sistem Informasi dalam Organisasi
Organisasi modern saat ini bergantung pada sistem informasi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sistem sangat penting:
a. Meningkatkan Efisiensi Operasional
Sistem informasi memungkinkan organisasi untuk menghemat waktu dan biaya operasional dengan mengotomatisasi tugas-tugas tertentu. Data dapat diakses dengan cepat dan berbagai proses dapat dilakukan dengan lebih efisien.
Baca juga: Apa Itu ASN Adalah? Pengertian, Fungsi, Tugas dan Jenisnya
b. Mendukung Pengambilan Keputusan
Sistem informasi memberikan informasi yang akurat dan relevan untuk membantu manajemen membuat keputusan yang lebih baik dan tepat sasaran. Informasi yang dihasilkan oleh sistem ini juga membantu para pengambil keputusan memahami sistuasi dan memprediksi trend yang mungkin terjadi .
c. Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan
Perusahaan atau organisasi dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggannya dengan menggunakan sistem informasi. Dengan memiliki akses yang lebih baik ke data pelanggan, perusahaan atau organisasi dapat mengubah layanan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
Baca juga: Apa Itu Yudisium? Pengertian, Syarat Dan Bedanya Dengan Wisuda
d. Analisis Data yang Lebih Baik
Organisasi atau perusahaan dapat melakukan perencanaan strategis yang lebih baik, seperti perencanaan sumber daya dan pemetaan trend masa depan dengan menggunakan alat analisis data yang terintegrasi dalam sistem informasi.
e. Meningkatkan Daya Saing Perusahaan atau Organisasi
Kemampuan untuk mengakses dan memanfaatkan data dengan cepat dan tepat sangat penting di era teknologi saat ini. Sistem informasi membantu organisasi atau perusahaan tetap kompetitif dengan memanfaatkan data sebagai aset strategis.
Baca juga: Apa itu Sistem Informasi: Pengertian, Komponen, Jenis, dan Contohnya
Secara keseluruhan, sistem informasi memiliki peranan sentral dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam operasional bisnis. Dengan memanfaatkan komponen-komponen seperti perangkat keras, perangkat lunak, data, proses, dan orang sistem informasi bisa menyediakan informasi yang mendukung dalam proses pengambilan keputusan.
Penganalisisan data guna perencanaan strategis, peningkatkan layanan pelanggan, inovasi produk peningkatkan aksesibilitas informasi, dan perbaikan dalam pengambilan keputusan merupakan beberapa keuntungan atau manfaat utama dari penerapan sistem informasi dalam organisasi. Sistem informasi mendorong pertumbuhan dan kemajuan dalam berbagai industri dan membantu organisasi beradaptasi dengan perubahan. Oleh karena itu, penerapan sistem informasi yang baik dapat menjadi kunci untuk kesuksesan jangka panjang.
Terimakasih telah membaca Sistem Informasi Adalah? Pengertian, Komponen, dan Pentingnya dalam Organisasi semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Jogja.ac.id Portal Berita Pendidikan dan Info Kampus Jogja atau bisa juga ikuti berita terbaru di Chanel WA Jogja.ac.id.
Baca juga: Numerasi adalah: Pengertian Menurut Ahli, Contoh, Tujuan dan manfaatnya